Tujuan Dan Wasiat Ajaran Islam

Tujuan Kehidupan

Jika seseorang tidak mengetahui arah tujuan dari perjalanan hidupnya, maka rugilah waktu dan tenaga orang tersebut (QS. Al-‘Ashr). Nah, agar kita sebagai umat manusia tidak mengalami kerugian maka perlu kita tahu apa sebenarnya tujuan dari diciptakannya kita di Dunia ini ?

Tujuan diciptakannya manusia terkandung dalam pedoman hidup ajaran islam adalah sebagai berikut :
  1. Untuk beribadah Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan diciptakannya manusia adalah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT, tuhan seru sekalian alam. “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).
  2. Untuk Mengendalian Diri Demi Keselamatan Jiwa dan Raga. Mengendalikan diri dari pengaruh hawa nafsu adalah sangat penting untuk kita latih dan mantapkan. "Karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh pada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang." (QS Yusuf: 53).
  3. Untuk Menjaga Hubungan Silaturahmi Sesama Umat Islam dan Umat Manusia. Menjaga hubungan baik dengan sesama umat Islam (Seaqidah) maupun sesama umat manusia di seluruh penjuru dunia merupakan bagian dari tujuan ajaran Islam.

Wasiat Kehidupan

Agar perjalan hidup kita tidak terpengaruh oleh segala macam resiko kehidupan, ujian, cobaan maka kita harus berpegang teguh pada Wasiat Ajaran Islam yang dibawah Rasulullah SAW yakni sebagai berikut :
  1. Al Qur'an, Hukum Allah (Hukum Alam Semesta) petunjuk umat manusia (Petunjuk kejalan yang lurus).
  2. Hadis, Tata-tata cara Rasulullah mengamalkan Al Qur'an. Hadis memuat tentang ucapan, tingkah laku, sikap, dan sifat yang terpuji beliau Muhammad Rasulullah SAW.
  3. Sholat, Tempat dan waktu Muhammad Rasulullah SAW mengamalkan Al-Qur'an.
Demikian semoga bermanfaat, wassalam...